Kenapa Sudut Kulit Bibir Sering luka? Kenali Penyebabnya di Bawah Ini!

Kenapa Sudut Kulit Bibir Sering luka? Kenali Penyebabnya di Bawah Ini!

Apakah pernah berpikir kenapa sudut kulit bibir sering luka? Banyak orang yang pernah mengalami hal tersebut. Tentunya kulit bibir yang terluka, dapat mengganggu aktivitas dan juga sakit saat digunakan untuk makan.

Terdapat berbagai penyebab kenapa kulit di bagian pinggir bibir sering terluka. Setiap orang sudah pasti mempunyai penyebab yang berbeda-beda. Di bawah ini akan diulas beberapa penyebab dan juga penjelasannya.

Sudut Kulit Bibir luka? Inilah Penyebabnya!

Jika sedang mengalami sudut bibir terluka, maka kenali dahulu penyebab pastinya. Berikut beberapa penyebabnya:

Kekurangan Asupan Nutrisi

Pada penyebab yang pertama yaitu bisa karena kurangnya asupan nutrisi yang masuk. Banyak orang yang meremehkan hal tersebut, padahal bisa menjadi penyebab utama sudut bibir sering terluka.

Karena nutrisi yang masuk kurang, membuat kulit pada bagian bibir menjadi lebih kering. Sehingga, dapat membuat kulit tersebut menjadi lebih rentan untuk terluka. Jadi, selalu perhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Terkena Alergi

Untuk penyebab yang selanjutnya bisa jadi karena sebuah alergi. Sehingga, membuat kulit pada sudut bibir menjadi terluka. Namun, banyak yang tidak menyadari hal tersebut.

Penyebab alergi juga ada banyak sekali. Seperti bisa dari obat atau bisa juga makanan yang dikonsumsi. Untuk mengetahui pasti tentang alergi ini, dapat langsung melakukan pemeriksaan tes alergi.

Terkena Infeksi

Selain penyebab di atas, bisa juga karena sedang terkena infeksi. Biasanya infeksi terjadi, karena ada sebuah jamur yang datang. Kemudian, membuat sebuah luka di sekitar bibir.

Biasanya, hal ini sangat umum terjadi di masyarakat. Untuk pengobatannya dapat dilakukan sendiri di rumah. Dapat dengan menggunakan obat oles atau makanan yang mempunyai banyak nutrisi.

Penyakit Autoimun

Pernahkah mendengar seseorang terkena penyakit autoimun? Sebuah penyakit yang biasanya menyerang imun manusia. Sehingga, nantinya akan mudah sekali sakit dan terserang berbagai penyakit.

Salah satu tanda yang sering muncul pada penderita tersebut adalah kulit bibir yang terluka. Hal ini karena imun penderita yang sudah melemah. Jadi, mudah sekali terluka dan terserang bakteri.

Jadi, itulah penyebab kenapa sudut kulit bibir sering luka? Terdapat berbagai penyebab mengapa hal tersebut sering terjadi. Dengan mengetahui penyebabnya, sudut bibir yang sering terluka dapat ditangani dengan benar juga.

Nurul Hidayah

Saya adalah orang yang gemar menulis tentang kesehatan dan kecantikan, karena bagiku sehat adalah hal yang utama begitupun cantik akan membuat diri kita menjadi lebih menarik.

Tinggalkan komentar